Hadist - Tentang shalat




Mencari keihklasan dalam melaksanakan shalat episiode 6 ( enam )

Artikel sebelumnya<<<<<<<<<

Setelah Firman Allah yang saya sajikan di artikel sebelumnya, disini saya akan sajikan beberapa sabda Rasulullah yang ada hubungannya dengan shalat.

Sabda Rasulullah SAW:
Dari Abu Hurairah, ia berkata : Sya mendengar rasulullah Saw bersabda ,"Sesungguhnya pertama - tama perbuatan manusia yang di hisab pada hari qiamat, adalah shalat wajib. Maka apabila ia telah menyempurnakannya ( maka selesailah persoalannya ). Tetapi apabila tidak sempurna shalatnya, dikatakan ( kepada malaikat )," Lihatlah dulu, apakah ia pernah mengerjakan shalat sunnah ! Jika ia mengerjakan shalat sunnah, maka kekurangan dalam shalat wajib disempurnakan dengan shalat sunnahnya," ( HR. Khamsah,dalam Nailul Authar juz 1, hal. 345 )

Sabda Rasulullah SAW:

"(Pembatas) antara seorang muslim dan kesyirikan serta kekafiran adalah meninggalkan shalat." ( HR. Muslim )

Sabda Rasulullah SAW:
"Perjanjian antara kami dan mereka ( orang kafir ) adalah shalat. Barang siapa meninggalkannya maka dia telah kafir." ( HR. Ahmad, Tirmizdi, An Nasa'i, Ibnu Majah )

Sabda Rasulullah SAW:
"Barang siapa yang mengerjakan shalat bardain ( yaituh shalat subuh dan ashar ) maka ia akan masuk surga." ( HR.Bukhari dan Muslim )

Sabda Rasulullah SAW:
"Barang siapa yang shalat subuh, maka dia dalam jamunan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kaliannya dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dari sesuatu dari jaminan-Nya , maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya  dalam neraka jahannam." ( HR. Muslim )

Sabda Rasulullah SAW:
"Sesungguhnya shalat yang paling berat di laksanakan oleh orang - orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan kedianya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak." ( HR. Bukhari dan Muslim )

Artikel selanjutnya>>>>>>>>>>>>>>