Jinn Tidak semuanya setan



Jin merupakan salah satu mahluk ciptaan Allah yang mempunya fungsi dan tugas seperti layaknya manusia, serta mempunyai hak dan kewajiban yang sama.

Dan perlu di fahami, tidak semua jin itu adalah setan. Jin juga ada yang muslim dan ada juga yang kafir, ada yang saleh ada juga yang membangkang kepada Allah.

Sedangkan setan dari golongan jin adalah bagi yang tidak mentaati perintah Allah Swt seperti kafir, musrik, munafik dan yang sejenisnya.

Menurut kisah Nabi Adam As yang terdapat pada surat Al-A'raf Ayat  12-20  Allah SWT Berfirman:

12. Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Menjawab iblis "Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah".

 13. Allah berfirman: "Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina".

 14. Iblis menjawab: "Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan".

 15. Allah berfirman: "Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh".

 16. Iblis menjawab: "Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,


17. kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat). 


 18. Allah berfirman: "Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kamu semuanya".


 19. (Dan Allah berfirman): "Hai Adam bertempat tinggallah kamu dan isterimu di surga serta makanlah olehmu berdua (buah-buahan) di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang-orang yang zalim".


20. Maka syaitan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan syaitan berkata: "Tuhan kamu tidak melarangmu dan mendekati pohon ini, melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi orang-orang yang kekal (dalam surga)".

Sesuai Firman Alah SWT di Surat Al-A'raf Ayat 12 sampai dengan 20, Allah memberi gelar setan pertama kali kepada Iblis ketika iblis menyatakan penolakan untuk sujud kepada Nabi Adam As.

Menurut Ibnu Agil yang di kutip oleh asy-syibil dalam bukunya akam al-marjan fi ahkam al-jann menjelaskan bahwa pengertian jin menurut bahasa yang mempunyai arti tersembunyi, terhalang dan tertutup. Maka itulah mahluk tersebut terhalang atau tidak dapat di lihat melalui indra mata manusia.

Jadi kesimpulannya, jin yang tidak patuh terhadap perintah Allah  di namakan Iblis dan setan, yang tugasnya menggoda anak cucu Adam untuk menjadi pengikutnya, yang akan di jerumuskan kedalam kesesatan di jadikan penghuni neraka jahanam bersama-sama.

Untuk membuktikan Jin itu ada yang muslim dan non muslim baca surah Al-Jinn beserta artinya




Posting Komentar

0 Komentar